RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
12
Nama
Sekolah : SDN 1 Tunahan
Kelas/Semester : II / 2
Tema : Kesehatan
Hari
/ Tanggal : Selasa, 12 Mei 2017
Waktu : 1 x Pertemuan ( 2 x
35 menit )
A.
Standar
Kompetensi
1. Bahasa
Indonesia
a. Menulis
permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
2. IPA
b. Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3. IPS
c. Memahami
kedudukan dan peran anggota keluarga dalam lingkungan tetangga.
B.
Kompetensi
Dasar
1. Bahasa
Indonesia
a. Mendeskripsikan
ciri-ciri binatang dengan menulis huruf tegak bersambung yang rapi
2. IPA
b. Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan dilingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
3. IPS
c. Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga
C.
Indikator
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
a. Menirukan
gerak dan suara binatang
b. Menjelaskan
ciri-ciri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman
2. IPA
a. Memberi
contoh jenis-jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
b. Memberikan
contoh cara menghemat tenaga listrik.
3. IPS
a. Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga
b. Membedakan
peranan anggota keluarga.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
a. Siswa
mampu menirukan gerak dan suara binatang
b. Siswa
mampu menjelaskan ciri-ciri suara binatang secara rinci sehingga dapat
mendeskripsikannya dengan teman
2. IPA
a. Siswa
mampu menyebutkan beberapa macam alat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
yang memakai energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan
cahaya.
b. Siswa
mampu memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3. IPS
a. Siswa
mampu mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga
b. Siswa
mampu memperagakan tentang diri sendiri serta keluarga
Karakter
siswa yang diharapkan.
Disiplin
Tekun
Tanggung jawab
Ketelitian
Kerjasama
Toleransi
Percaya diri
Keberanian
E.
Materi
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
a. Siswa
mampu mendeskripsikan ciri-ciri gerak dan suara hewan
b. Siswa
mampu memberi contoh cara membaca puisi
dengan baik dan benar
2. IPA
a. Siswa
mampu memberikan contoh energi sera kegunaannya.
b. Siswa
mampu memberikan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
3. IPS
a. Siswa
mampu membedakan peranan anggota keluarga.
b. Siswa
mampu menceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga
F.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, latihan,
pemberian tugas, tanya jawab
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal (10 menit)
a. Siswa
menjawab salam yang diucapkan guru
b. Siswa
berdoa sesuai agamanya masing-masing
c. Siswa
menyampaikan kehadiran pada guru
d. Siswa
menyiapkan alat tulis dan buku-buku pelajaran
e. Siswa
mendengarkan pelajaran guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f. Siswa
menerima motivas dari guru agar mampu mengikuti pelajaran dengan
sungguh-sungguh sehingga mendapat ilmu yang bermanfaat.
g. Guru
memberikan pertanyaan dan siswa berebut menjawab pertanyaan yang diberikan
guru.
2.
Kegiatan
inti (45 menit)
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
1. Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas diskusi untuk memunculkan gagasan guru secara lisan
maupun tertulis
2. Memfasilitasi
siswa dengan berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
1. Membiasakan
siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna.
2. Memfasilitasi
siswa melalui tugas diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
3. Memberi
kesempatan siswa untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan
bertindak tanpa rasa takut.
4. Memfasilitasi
siswa dalam berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
1. Bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2. Guru
melibatkan siswa melakukan tanya jawab,
meluruskan kesalah pahaman, membedakan penguatan dan membimbing siswa untuk
menyimpulkan
3.
Kegiatan
Penutup ( 15 menit)
Dalam kegiatan penutup,
guru :
a. Bersama
murid membuat kesimpulan
b. Melakukan
analisis, erpbaikan dan pengayaan
c. Memberikan
tugas rumah
d. Menyampaikan
materi yang akan dipelajari selanjutnya
e. Mengajak
siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
f. Mengucapkan
salam
H.
Media
dan Sumber Ajar
1. Sumber
ajar
a. Lembar
kerja siswa Bahasa Indonesia kelas II
b. Lembar
kerja siswa IPA kelas II
c. Lembar
kerja siswa IPS kelas II
2. Alat
peraga
a. Puisi
anak yang ditulis di kertas untuk dibagikan kepada siswa
b. Lingkungan
sekitar
c. Buku
sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar
I.
Penilaian
a. Prosesdur
penilaian
1) Tes
dalam proses : Tes perbuatan,
lembar kerja siswa
2) Tes
akhir : Tes formatif
b. Jenis
penilaian
1) Tes
tertulis
2) Uraian
c. Bentuk
penilaian
1) Pilihan
ganda
2) Uraian
d. Alat
penilaian
1) Lembar
kerja siswa ( terlampir)
2) Tes
formatif (terlampir)
3) Soal
perbaikan (terlampir)
4) Soal
pengayaan (terlampir)
5) Kunci
jawaban (terlampir)
Tunahan,
10 April 2017
Mengetahui, Mahasiswa
Kepala Sekolah SDN II Tunahan
MATNURI, S. Pd RIDHA RAHMAWATI
NIP. 196008171983041006 NIM.
826177019
LEMBAR
KERJA TES FORMATIF
Nama : .................................
Kelas : II (dua)
Silanglah huruf
a, b, c dan d di depan jawaban yang tepat !
1.
Hewan yang menghasilkan
madu adalah....
a. Nyamuk
b. Semut
c. Ayam
d. Lebah
2. Setrika
menghasilkan energi....
a. Bunyi
b. Listrik
c. Panas
d. Gerak
3. Radio
adalah benda yang menghasilkan energi....
a. Bunyi
b. Gerak
c. Cahaya
d. Panas
4. Keluarga
inti terdiri atas....
a. Ayah,
Ibu dan Nenek
b. Ayah,
Anak dan Pembantu
c. Ayah,
Ibu dan anak
d. Ayah,
Ibu dan kakek
5. Kedudukan
seorang ayah dalam keluarga sebagai....
a. Kepala
keluarga
b. Kepala
rumah tangga
c. Anggota
keluarga
d. Ketua
lingkungan
KUNCI JAWABAN
1.
D
2. C
3. A
4. C
5.
A
Kriteria
Penilaian
1.
Jawaban benar : 1
2. Jawaban
salah : 0
LEMBAR
KERJA SISWA
Kerjakanlah tugas-tugas dibawah ini
secara berkelompok !
Tulislah nama anggota kelompok pada
gambar hasil kerja kelompok !
1.
Aku adalah binatang.
Aku sangat suka gula. Aku adalah....
2. Sumber
energi panas terbesar adalah....
3. Sumber
energi tenaga manusia adalah....
4. Apa
kedudukan ibu dalam keluarga?
5.
Disebut apakah orang
tua dari Ibu dan Ayah ?
KUNCI JAWABAN
1.
Semut
2. Makanan
3. Kedudukan
Ibu sebagai Kepala rumah tangga
4.
Kakek dan nenek
Kriteria Penilaian
1.
Jawaban benar skor : 5
2. Jawaban
kurang benar skor : 3
3.
Jawaban salah : 0
LEMBAR
SOAL PERBAIKAN
A. Jawablah
soal-soal dibawah ini dengan benar !
1. Membaca
indah contohnya membaca?
2. Sumber
energi kipas angin adalah?
3. Kakek
mengetuk pintu, energi yang dihasilkan adalah?
4. Kedudukanmu
terhadap orang tua adalah sebagai?
5. Setiap
anggota keluarga mempunyai?
KUNCI JAWABAN
1.
Puisi
2. Listrik
3. Bunyi
4. Anak
5.
Kedudukan
Kriteria Penilaian
1.
Jawaban benar skor : 5
2. Jawaban
kurang benar skor : 3
3.
Jawaban salah : 0
LEMBAR
SOAL PENGAYAAN
Jawablah soal-soal dibawah ini
dengan benar !
1.
Makanan yang terlalu
dingin dapat merusak....
2. Apakah
manfaat energi panas matahari....
3. Dari
mana manusia memperoleh energi....
4. Apakah
yang di maksud keluarga inti....
5.
Siapakah yang dimaksud
kepala rumah tangga....
KUNCI JAWABAN
1.
Gigi
2. Untuk
mengeringkan pakaian, ikan dan padi
3. Makanan
4. Keluarga
yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak
5.
Ibu
Kriteria Penilaian
1.
Jawaban benar skor : 5
2. Jawaban
kurang benar skor : 3
3.
Jawaban salah : 0
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH
MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : Ridha Rahmawati
NIM :
826177019
Prgram Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bangsri
A.
Refleksi
terhadap penerapan Pembelajaran yang telah dilakukan
1. Apakah
kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan
mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? (Apakah materi
terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3. Bagaimana
respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai
dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
4. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
5. Apakah
siswa dapat menangkap penjelasan/intruksi yang saya berikan dengan baik?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
B.
Refleksi
terhadap implementasi RPP
1. Apakah
rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana
mestinya? (Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian
rencana pembelajaran dengan baik?)
......................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2.
Apakah kelemahan-kelemahan
saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan
pembelajaran? Dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi,
penggunaan bahan dan media, penggunaan metode teknik pembelajaran, pengelolaan
kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta
penilaian pembelajaran?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
3.
Apakah rencana
pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan? Jika ada, apa yang
harus saya lakukan untuk mengganti rencana pembelajaran pelaksanaan semula?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Jurnal Pembimbingan PKM
NIM/ Nama Mahasiswa : 826177019 / Ridha Rahmawati
Mengajar di kelas : II (dua)
Sekolah : SDN II Tunahan
Hari/ Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil / Komentar
|
Paraf
|
|
Mhs
|
Supv. 2
|
|||
Senin, 13 Maret 2017
Rabu, 15 Maret 2017
Kamis, 16 Maret 2017
Jum’at, 17 Maret 2017
Senin, 20 Maret 2017
Selasa, 21 Maret 2017
Kamis, 23 Maret 2017
Sabtu, 25 Maret 2017
Senin, 27 Maret 2017
Selasa, 28 Maret 2017
Rabu, 29 Maret 2017
Kamis, 30 Maret 2017
Jum’at, 31 Maret 2017
Sabtu, 1 April 2017
|
Mendiskusikan RPP 1 IPA
Praktik RPP 1 IPA
Mendiskusikan RPP 2 Bahasa Indonesia
Praktik RPP 2
Mendiskusikan RPP 3
Praktik RPP 3
Mendiskusikan RPP4 Ilmu Pengetahuan Sosial
Praktik RPP 4
Mendiskusikan RPP 5 Bahasa Indonesia
Praktik RPP 5
Bahasa Indonesia
Mendiskusikan RPP 6
Ilmu Pengetahuan Alam
Praktik RPP 6
Ilmu Pengetahuan Alam
Mendiskusikan RPP 6 Ilmu Pengetahuan Sosial
Praktik RPP 6 Ilmu Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
Lembar
Observasi Praktik PKM
Nama Mahasiswa / NIM : Ridha Rahmawati /
826177019
Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Indonesia, IPA dan IPS
Kelas : II (dua)
Hari, Tanggal : 05 Mei
2017
Pokok Bahasan /Sub Pokok Bahasan : Lingkungan
No
|
Aspek yang di observasi *)
|
Kemunculan **
|
Keterangan
|
|
Ada
|
Tidak ada
|
|||
1.
|
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka
pelajaran)
|
|
|
|
2.
|
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)
|
|
|
|
3.
|
Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan
pembelajaran (keterampilan bertanya)
|
|
|
|
4.
|
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)
|
|
|
|
5.
|
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa
(keterampilan mengadakan variasi)
|
|
|
|
6.
|
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan
variasi)
|
|
|
|
7.
|
Menggunakan media yang tepat (keterampilan
mengadakan variasi)
|
|
|
|
8.
|
Memberikan penguatan (keterampilan memberi
penguatan)
|
|
|
|
9.
|
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing
diskusi kelompok besar dan ekcil)
|
|
|
|
10.
|
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar
(keterampilan menutup pelajaran)
|
|
|
|
11.
|
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan
|
|
|
|
12.
|
Memberikan balikan (keterampilan menutup
pelajaran)
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
Keterangan **) beri tanda
SIMPULAN
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Mengetahui, Semarang,
..................................
Kepala Sekolah, Supervisor
1,
Matnuri, S. Pd, Ngadiran, S. Pd, M. Pd
NIP. 196008171983041006 NIP.
19620603 198601 1 001
No.
HP. 081 325 123 610
No comments:
Post a Comment