Selamat Datang di Blog Yang Sederhana ini Semoga Bermanfaat

Sunday, 24 June 2018

Contoh RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP))


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
12

            Nama Sekolah             : SDN 1 Tunahan
            Kelas/Semester            : II / 2
            Tema                           : Kesehatan
            Hari /  Tanggal : Selasa, 12 Mei 2017
            Waktu                         : 1 x Pertemuan ( 2 x 35 menit )

A.    Standar Kompetensi
1.      Bahasa Indonesia
a.       Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
2.      IPA
b.      Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3.      IPS
c.       Memahami kedudukan dan peran anggota keluarga dalam lingkungan tetangga.

B.     Kompetensi Dasar
1.      Bahasa Indonesia
a.       Mendeskripsikan ciri-ciri binatang dengan menulis huruf tegak bersambung yang rapi
2.      IPA
b.      Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan dilingkungan sekitar dan cara menghematnya.
3.      IPS
c.       Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga

C.    Indikator Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
a.       Menirukan gerak dan suara binatang
b.      Menjelaskan ciri-ciri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman
2.      IPA
a.       Memberi contoh jenis-jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
b.      Memberikan contoh cara menghemat tenaga listrik.
3.      IPS
a.       Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga
b.      Membedakan peranan anggota keluarga.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
a.       Siswa mampu menirukan gerak dan suara binatang
b.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri suara binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman
2.      IPA
a.       Siswa mampu menyebutkan beberapa macam alat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memakai energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
b.      Siswa mampu memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3.      IPS
a.       Siswa mampu mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga
b.      Siswa mampu memperagakan tentang diri sendiri serta keluarga


Karakter siswa yang diharapkan.
Disiplin
Tekun
Tanggung jawab
Ketelitian
Kerjasama
Toleransi
Percaya diri
Keberanian



E.      Materi Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
a.       Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri gerak dan suara hewan
b.      Siswa mampu  memberi contoh cara membaca puisi dengan baik dan benar
2.      IPA
a.       Siswa mampu memberikan contoh energi sera kegunaannya.
b.      Siswa mampu memberikan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
3.      IPS
a.       Siswa mampu membedakan peranan anggota keluarga.
b.      Siswa mampu menceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga

F.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, latihan, pemberian tugas, tanya jawab

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (10 menit)
a.       Siswa menjawab salam yang diucapkan guru
b.      Siswa berdoa sesuai agamanya masing-masing
c.       Siswa menyampaikan kehadiran pada guru
d.      Siswa menyiapkan alat tulis dan buku-buku pelajaran
e.       Siswa mendengarkan pelajaran guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.       Siswa menerima motivas dari guru agar mampu mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh sehingga mendapat ilmu yang bermanfaat.
g.      Guru memberikan pertanyaan dan siswa berebut menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
2.      Kegiatan inti (45 menit)
a.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.      Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas diskusi untuk memunculkan gagasan guru secara lisan maupun tertulis
2.      Memfasilitasi siswa dengan berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
b.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1.      Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
2.      Memfasilitasi siswa melalui tugas diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3.      Memberi kesempatan siswa untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
4.      Memfasilitasi siswa dalam berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
c.       Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1.      Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.      Guru melibatkan  siswa melakukan tanya jawab, meluruskan kesalah pahaman, membedakan penguatan dan membimbing siswa untuk menyimpulkan
3.      Kegiatan Penutup ( 15 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru :
a.       Bersama murid membuat kesimpulan
b.      Melakukan analisis, erpbaikan dan pengayaan
c.       Memberikan tugas rumah
d.      Menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya
e.       Mengajak siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
f.       Mengucapkan salam

H.    Media dan Sumber Ajar
1.      Sumber ajar
a.       Lembar kerja siswa Bahasa Indonesia kelas II
b.      Lembar kerja siswa IPA kelas II
c.       Lembar kerja siswa IPS kelas II
2.      Alat peraga
a.       Puisi anak yang ditulis di kertas untuk dibagikan kepada siswa
b.      Lingkungan sekitar
c.       Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar

I.       Penilaian
a.       Prosesdur penilaian
1)      Tes dalam proses        : Tes perbuatan, lembar kerja siswa
2)      Tes akhir                     : Tes formatif
b.      Jenis penilaian
1)      Tes tertulis
2)      Uraian
c.       Bentuk penilaian
1)      Pilihan ganda
2)      Uraian
d.      Alat penilaian
1)      Lembar kerja siswa                ( terlampir)
2)      Tes formatif                           (terlampir)
3)      Soal perbaikan                        (terlampir)
4)      Soal pengayaan                      (terlampir)
5)      Kunci jawaban                       (terlampir)


                                                                                                 Tunahan, 10 April 2017

                  Mengetahui,                                                                     Mahasiswa      
Kepala Sekolah SDN  II Tunahan                                                            



             MATNURI, S. Pd                                                   RIDHA RAHMAWATI
      NIP. 196008171983041006                                                    NIM. 826177019







LEMBAR KERJA TES FORMATIF
                                                                                        Nama           : .................................
                                                                                        Kelas            : II (dua)
Silanglah huruf a, b, c dan d di depan jawaban yang tepat !

1.      Hewan yang menghasilkan madu adalah....
a.       Nyamuk
b.      Semut
c.       Ayam
d.      Lebah
2.      Setrika menghasilkan energi....
a.       Bunyi
b.      Listrik
c.       Panas
d.      Gerak
3.      Radio adalah benda yang menghasilkan energi....
a.       Bunyi
b.      Gerak
c.       Cahaya
d.      Panas
4.      Keluarga inti terdiri atas....
a.       Ayah, Ibu dan Nenek
b.      Ayah, Anak dan Pembantu
c.       Ayah, Ibu dan anak
d.      Ayah, Ibu dan kakek
5.      Kedudukan seorang ayah dalam keluarga sebagai....
a.       Kepala keluarga
b.      Kepala rumah tangga
c.       Anggota keluarga
d.      Ketua lingkungan

KUNCI JAWABAN
1.      D
2.      C
3.      A
4.      C
5.      A
Kriteria Penilaian
1.      Jawaban benar : 1
2.      Text Box: Nilai Akhir Skor Perolehan
  Skor maksimal
Jawaban salah : 0
Text Box: X 100
 


LEMBAR KERJA SISWA

Kerjakanlah tugas-tugas dibawah ini secara berkelompok !
Tulislah nama anggota kelompok pada gambar hasil kerja kelompok !

1.      Aku adalah binatang. Aku sangat suka gula. Aku adalah....
2.      Sumber energi panas terbesar adalah....
3.      Sumber energi tenaga manusia adalah....
4.      Apa kedudukan ibu dalam keluarga?
5.      Disebut apakah orang tua dari Ibu dan Ayah ?


KUNCI JAWABAN
1.      Semut
2.      Makanan
3.      Kedudukan Ibu sebagai Kepala rumah tangga
4.      Kakek dan nenek

Kriteria Penilaian
1.      Jawaban benar skor                 : 5
2.      Jawaban kurang benar skor     : 3
3.      Jawaban salah                         : 0

 










LEMBAR SOAL PERBAIKAN

A.    Jawablah soal-soal dibawah ini dengan benar !

1.      Membaca indah contohnya membaca?
2.      Sumber energi kipas angin adalah?
3.      Kakek mengetuk pintu, energi yang dihasilkan adalah?
4.      Kedudukanmu terhadap orang tua adalah sebagai?
5.      Setiap anggota keluarga mempunyai?

KUNCI JAWABAN
1.      Puisi
2.      Listrik
3.      Bunyi
4.      Anak
5.      Kedudukan

Kriteria Penilaian
1.      Jawaban benar skor                 : 5
2.      Jawaban kurang benar skor     : 3
3.      Jawaban salah                         : 0

 











LEMBAR SOAL PENGAYAAN

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan benar !

1.      Makanan yang terlalu dingin dapat merusak....
2.      Apakah manfaat energi panas matahari....
3.      Dari mana manusia memperoleh energi....
4.      Apakah yang di maksud keluarga inti....
5.      Siapakah yang dimaksud kepala rumah tangga....

KUNCI JAWABAN
1.      Gigi
2.      Untuk mengeringkan pakaian, ikan dan padi
3.      Makanan
4.      Keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak
5.      Ibu

Kriteria Penilaian
1.      Jawaban benar skor                 : 5
2.      Jawaban kurang benar skor     : 3
3.      Jawaban salah                         : 0

 











LEMBAR  REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama               : Ridha Rahmawati
NIM                : 826177019
Prgram Studi   : S1 PGSD
UPBJJ             : Bangsri

A.    Refleksi terhadap penerapan Pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
5.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/intruksi yang saya berikan dengan baik?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)
......................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penggunaan metode teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian pembelajaran?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
3.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan? Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pembelajaran pelaksanaan semula?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................













Jurnal Pembimbingan PKM

NIM/ Nama Mahasiswa          : 826177019 / Ridha Rahmawati
Mengajar di kelas                    : II (dua)
Sekolah                                   : SDN II Tunahan

Hari/ Tanggal
Kegiatan
Hasil / Komentar
Paraf
Mhs
Supv. 2
Senin, 13 Maret 2017


Rabu, 15 Maret 2017

Kamis, 16 Maret 2017


Jum’at, 17 Maret 2017

Senin, 20 Maret 2017

Selasa, 21 Maret 2017

Kamis, 23 Maret 2017


Sabtu, 25 Maret 2017

Senin, 27 Maret 2017


Selasa, 28 Maret 2017


Rabu, 29 Maret 2017


Kamis, 30 Maret 2017


Jum’at, 31 Maret 2017


Sabtu, 1 April 2017
Mendiskusikan RPP 1 IPA

Praktik RPP 1 IPA

Mendiskusikan RPP 2 Bahasa Indonesia

Praktik RPP 2

Mendiskusikan RPP 3

Praktik RPP 3

Mendiskusikan RPP4 Ilmu Pengetahuan Sosial

Praktik RPP 4

Mendiskusikan RPP 5 Bahasa Indonesia

Praktik RPP 5
Bahasa Indonesia

Mendiskusikan RPP 6
Ilmu Pengetahuan Alam

Praktik RPP 6
Ilmu Pengetahuan Alam

Mendiskusikan RPP 6 Ilmu Pengetahuan Sosial

Praktik RPP 6 Ilmu Pengetahuan Sosial




Lembar Observasi Praktik PKM

Nama Mahasiswa / NIM                     : Ridha Rahmawati / 826177019
Mata Pelajaran / Tema             : Bahasa Indonesia, IPA dan IPS
Kelas                                                   : II (dua)
Hari, Tanggal                                      : 05 Mei 2017
Pokok Bahasan /Sub Pokok Bahasan : Lingkungan
No
Aspek yang di observasi *)
Kemunculan **
Keterangan
Ada
Tidak ada
1.
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran)



2.
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)



3.
Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)



4.
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)



5.
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)



6.
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan variasi)



7.
Menggunakan media yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)



8.
Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)



9.
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan ekcil)



10.
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)



11.
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan



12.
Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)




dst




Keterangan **) beri tanda
SIMPULAN
....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................
                                                                                                
Mengetahui,                                                                             Semarang, ..................................
Kepala Sekolah,                                                                       Supervisor 1,



Matnuri, S. Pd,                                                                       Ngadiran, S. Pd, M. Pd
NIP. 196008171983041006                                                     NIP. 19620603 198601 1 001
                                                                                                 No. HP. 081 325 123 610     

No comments:

Post a Comment